-->

Cara menghemat baterai android (komplit)

Android itu identik dengan aplikasi dan juga pasti harus terkoneksi internet untuk mengoptimalkan semua keperluan penggunaannya.

Namun, untuk mengejar semua keinginan ini kita kadang terkendala dalam hal pendeknya usia batrai androidnya.

Ada yang luput dari pengguna android mengenai hal ini, sehingga pada kesempatan tertentu yang benar benar harus kita gunakan hp malah mati karena kebahisan baterai.

Maka, kesempatan ini saya mengulas dan memberikan jalan bagi pengguna android untuk menghemat baterai melalui cara cara yang tepat dan memaksimalkan fitur dari smartphone android anda tanpa melihat merk dan jenis androidnya.
Cara Menghemat Baterai Android
Hemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Cara menghemat baterai android bisa dengan tepat dilakukan melalui beberapa pengaturan android, mengurangi kegiatan memakai android yang merugikan baterai juga bisa dengan memakai aplikasi penghemat baterai android.

Tujuan utama dari menghemat baterai ini adalah untuk menghemat energi baterai dengan mengoptimalkan dan memaksimalkan semua potensi android dari bawaan ditambah memasang apk penghemat baterai android sehingga pada keadaan kritis android digunakan akan tetap bisa tercapai.

Misalkan ketika anda harus menelpon ke orang lain yang sangat penting, namun baterai tidak memadai, maka akan berakibat tidak baik dan menjengkelkan tentunya.

Simak secara seksama dan praktekkan semua cara untuk menghemat baterai android yang ada di bawah in.

1. Set Kecerahaan Layar Android

Dari bawaannya sudah disediakan pengaturan untuk layar android yang memungkinkan bisa mensetting semua kebutuhan, termasuk dalam pengaturan Layar Android.

Layar android bisa menjadi faktor utama pemakan kapasitas baterai android, salah satunya adalah pada kecerahan layarnya.

Ada yang bilang setting di "kecerahan layar secara otomatis" dan ada juga yang menyarankan untuk "memperkecil prosentase kecerahan layar". Mana yang lebih optimal?

Keduanya bisa dijadikan cara untuk menghemat baterai android, namun hemat saya berdasarkan pengelaman dan uji ke-optimal-an nya lebih bagus di set pada memperkecil daya cerah layar.

Dengan diperkecil kecerahan layar, maka yang bisa didapatkan adalah menghematnya baterai saat di semua keadaan ruang tempat kita menggunakan android, berbeda dengan secara otomatis yang akan melakukan kinerja secara fluktuatif atau menyesuaikan tempat.

Dan, akhirnya memang sedikit perbedaannya, dimana yang paling bagus adalah memperkecil nilai cerah layar androidlah yang lebih optimal.

Setel Kecerahan Layar di nilai batas penglihatan kita untuk menghindari keborosan baterai android

2. Gunakan Wallpaper yang tepat

Wallpaper digunakan untuk menghiasi tampilan layar android dan kebanyakan menggunakan jenis wallpaper yang cerah, baik dari sumber foto, animasi atau gambar bawaan androidnya.

semuanya bagus, apalagi memangpang foto selfie yang paling bagus hasil editan, heee

Tapi dalam hal menghemat baterai android, ini tidak disarankan terutama menggunakan foto atau animasi yang harus terkonek ke internet sehingga memungkinkan ada lalu lintas data dan ini akan menggunakan performa baterai pada akhirnya baterai bekerja terus sehingga akan cepat habis.

Oleh karena itu, cara yang tepat untuk menghemat baterai android untuk menggunakan wallpaper yang pas adalah dengan memajang foto atau gambar yang berlatar tidak mencolok, misalkan latar gelap.

Gunakan latar layar (wallpaper) berlatar gelap untuk menghemat baterai android

 

3. Setting Android pada silent janga Getar

Buka pengaturan nada pemberitahuan untuk sms atau untuk panggilan dan pilih pada posisi silent, atau bisa dengan menekan volume di posisi untuk mengecilkan suara sampai titik terendah (0).

Cara ini akan membuat kinerja baterai android anda akan lebih hemat dari biasanya, tetapi memang akan sedikit terganggu ketika ada pemberitahuan dari hp anda yang tidak dapat diketahui.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, atur ini pada kondisi tertentu misalnya saat kita berada di aerah yang kurang signal atau kondisi tertentu yang dianggap tidak akan ada situasi mendapatkan pemberitahuan.

Dengan menggunakan Silent akan membuat baterai lebih hemat dalam bekerja, dibandingkan dengan mengatur pada pilihan Getar


4. Perpendek waktu tidur

Smartphone android ketika tidak digunakan akan secara otomatis akan tidur, dimana layar akan menutup sendiri dan aplikasi yang sebelumnya terbuka akan disimpan.

Lamanya layar hp ketika tidak digunakan sampai dengan tidur sendiri bisa kita sesuaikan melalui pengaturan di menu layar dan pilih sleep.

Pilih waktu tercepat pada menu sleep yang ada, misalkan 15 detik. artinya ketika kita membiarkan hp di meja tanpa ada sentuhan atau operasi apapun, setelah 15 detik akan tertidur. Maka dengan ini akan menghemat kinerja baterai android tentunya.


Pilih Waktu terpendek sleep pada android untuk mendapatkan penghematan kinerja baterai android

5. Aktifkan layanan hemat baterai

4 Cara di atas merupakan cara atau langkah yang mengoptimalkan disesuaikan pada pengaturan dari android yang kita gunakan, dan yang terakhir poin ke 5 adaah dengan mengaktifkan fitur hemat baterai bawaan dari andoid.

Yang pada umumnya akan aktif secara otomatis pada saat baterai keadaan low, maka anda bisa menggunakannya pada semua keadaan dengan mengklik penghemat baterai tersebut pada menu pengaturan di sub menu perangkat.

Bila pada kondisi androidnya tidak ada layanan ini, maka bisa menggunakan alternatif memasang aplikasi penghemat baterai android di googe play store.

Aktifkan Layanan Hemat Baterai untuk semua kondisi, tanpa harus menunggu pada saat low batt


6.  No Streaming Video

Hindari menonton video secara online untuk mengurangi transfer data yang mengakibatkan kinerja baterai lebih terkuras. atau paling tidak intensitas penggunaannya anda kurangi.

Untuk anda yang senang dengan vidoe yang ada di internet baik di situs televisi atau di youtube alangkah bagusnya di download dulu untuk di tonton nanti tanpa harus terkoneksi internet.

Dalam layanan menonton video di youtube ada fitur menonton offline, yang memungkinkan kinerja baterai sedikit, karena tidak perlu terkoneksi ke internet saat menonton di saat offline. Untuk mencobanya masuk ke halaman youtube melalui aplikasi youtube dan setelah memilih video yang akan di tonton, klik ikon offline, untuk mendapatkan video untuk dilihat saat tidak konek internet.

Kurangi atau jangan menonton video secara online (streaming) karena dengan adanya lalu lalang data, dan pencarian signal akan memicu baterai terkuras

7.  Pakai mode pesawat

Menu mode pesawat bisa diaktifkan untuk menghemat baterai android karena dengan aktifnya fitur ini menjadikan semua koneksi akan mati.

Koneksi internet baik yang bersumber dari apikasi atau transfer data lainnya yang bekerja di latar belakang hp akan otomatis berhenti ketika anda mengaktifkan mode pesawat.

dan untuk memadukan antara keinginan anda menonton video yang tadi di download bisa ditonton pada keadaan ini.

Airplane Mode akan sangat membantu menghemat dan memperpanjang umur kebugaran baterai android kita.

Mode Pesawat (Airplane Mode) memungkinkan terhindarnya baterai bekerja karena tidak ada koneksi internet ke android, ini akan menyumbang dalam menghemat baterai

8. No GPS, No WiFi

GPS dan WiFi merupakan fitur layanan dari android yang memberikan manfaat besar bagi penggunanya, namun dampaknya bisa terasa ketika menggunakannya baterai tersedot lebih banyak dibanding biasanya.

Alasan kenapa kinera baterai bisa besar saat GPS dan WiFi aktif yaitu andoir mencari informasi melalui jaringan untuk mendapatkan akurasinya. "loading" terus untuk mencari data yang dibutuhkan ini menggunakan tenaga baterai dan koneksi yang bagus.

Walaupun koneksi bagus tanpa loading tetap saja akan menguras baterai, maka agar baterai bisa hemat matikan GPS dan WiFi kita dan gunakan pada saat saat tertentu saja ketika baterai kita dalam keadaan banyak.

Mematikan GPS dan WiFi bisa menghemat baterai android, untuk menggunakannya pakai saat waktu tertentu saja jangan selamanya di aktifkan.


Tampaknya dari cara cara di atas akan memungkinkan battery android tidak boros dan bisa menghemat serta akan panjang umur baterai seharian.

Semoga daftar Cara menghemat baterai android ini bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara menghemat baterai android (komplit)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar....
-> Mohon tidak melakukan Spam
-> Tidak Menyimpan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel