-->

Bisnis Online dengan menjual ebook

Bisnis online merupakan kegiatan berbisnis yang bisa memberikan potensi penghasilan tak terbatas dan juga memungkinkan kita bisa menekan modal sekecil mungkin.


Sekecil kecilnya modal untuk memulai bisnis online memang tidak mendekati nol, namun ini akan menjadi jalan kelauar bagi anda untuk memberdayakan potensi yang ada dalam diri anda.

Banyak yang kawatir tentang berbisnis online, arena mereka fikir selama ini bahwa untuk memulai bisnis ini akan memerlukan modal besar dan menyita banyak waktu. Padahal bila ingin sedikit melihat peluang dan kelebihan yang bisa diraup dari bisnis melalui internet malahan akan membuat orang bisa mendapatkan uang yang banyak.

Dalam tulisan ini saya hanya memberikan perspektif lebih mendasar tentang berbisnis online, tidak lebih dalam untuk mengajak anda memasuki dunia bisnis online. Namun, paling tidak untuk anda yang sedang mencari peluang bisnis melalui internet ada baiknya melihat dan membaca beberapa hal yang akan menjadi referensi bagi anda untuk lebih lanjut menerjuni bisnis online tanpa modal.

Dari sekian banyak jenis bisnis online yang ada saat ini ada yang membuat saya ingin mengulasnya adalah dari jenis menjual produk sendiri atau orang sering sebut "sell own produk".

Ada beberapa kategori produk yang bisa dijadikan bahan untuk dijual di internet, sebagaimana sekarang sudah ada sarana yang tepat bila memang anda tidak begitu mahir dalam dunia web atau blog, adalah memanfaatkan layanan yang disediakan oleh situs penyedia jual beli online.

Bisnis Online Menjual Ebook

Sebagaimana anda tadi baca judul artikel ini, bahwa kebawah akan lebih jauh mengupas tentang bisnis online jual ebook.

Jadi, perhatikan poin poin ini untuk lebih lanjutnya saya uraikan, diantaranya:
  1. Apa itu Ebook?
  2. Apa semua orang bisa membuat ebook?
  3. Alat atau tool untuk membuat ebook
  4. Modal untuk membuat ebook
  5. Cara mendapatkan uang dari ebook
  6. Bagimana cara memasarkan ebook saya?
  7. Berapa harga yang pantas dari ebook saya?

1. Apa itu Ebook

Ebook atau Elektronik Book adalah perwujudan buku seperti halnya buku pada umumnya ada rangkaian tek dan gambar yang mengulas suatu topik atau matereti tertentu tetapi hanya berupa file digital yang bisa di baca melalui sofware tertentu (misal: pdf, ms. word dan software pembaca file teks).

Namun pada umumnya ebook ini berupa file yang bereksistensi pdf karena dianggap lebih bagus tampilan dari kerapihan dan fleksibitasnya, dll.

Ebook merupakan sarana untuk mengumpulkan berbagai materi dan lain sebagainya yang bida dibaca kapan pun dan dimana saja (fleksibel) sebab, ini bersifat maya berbeda dengan buku nyata. sehingga bisa membuat penggunanya lebih hemat energi dalam penggunaannya.

Apa lagi sekarang jamannya gadget yang bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan, menggunakan berbagai file termasuk untuk ebook ini.

Sejarah Ebook

Sejauh ini, tidak ada yang bisa memastikan kapan bermulanya ada elektronik book/buku digital ini. Tapi bila disandingkan dengan perkembangan teknologi informasi maka bisa saja ini dimulai ketika setelah munculnya teknologi ini.

Fungsi Ebook

Fungsi yang paling utama dari ebook adalah memberikan layanan pembaca dari materi berisikan topik dan bacaan tertentu.

Kegunaan Ebook

Ebook tak lebih seperti buku pada kenyataan, dimana dari buku ini tentu orang menjadi bertambah wawasan dan pengetahuan. Jadi, pada intinya buku elektronik ini sama saja seperti buku di dunia nyata tetapi dipakai melalui suatu alat pembuka filenya.

2. Apa semua orang bisa membuat ebook

Sejauh ini mungkin anda menggambarkan tentang ebook ini sama halnya dengan buku, lantas bila untuk membuat buku kita harus membuat serangkaian tahapan mulai dari menentukan topik tulisan, gaya tulisan dan lain lain sehingga pada akhirnya kita harus mendaftarkan buku kita di sebuah perusahaan penerbit bila ingin mengkomersilkan bukunya.

Tapi, untuk jenis buku elektronik ini lebih mudah dan memungkinkan siapa saja membuatnya, tanpa mengenal usia, latar belakang pendidikan dan status lainnya yang penting bisa memunculkan suatu gagasan dan materi tertentu sebagaimana membuat buku.

Jadi, intinya semu orang bisa membuat ebook.

3. Alat atau tool untuk membuat ebook

Bila semua orang bisa membuat ebook, lalu apa yang harus dipersiapkan untuk bisa membuatnya hingga sempurna bisa di baca.

Bagi yang bisa mengoperasikan komputer terutama mengetik di MS Word, tentu tidaklah sulit. karena intinya kita menginput kata kata yang akan dimuat pada ebook, dan kemudian konversi file word ini ke dalam file pdf.

Jadi, alat yang perlu disiapkan untuk membuat ebook adalah:
1. Komputer atau laptop
2. Software MS. Office
3. Software konverter MS. Word to PDF
4. Software pengolah design grafis (mis: corelDraw atau photoshop)

4. Modal untuk membuat ebook

Berbicara bisnis untuk mendapatan penghasilan dari ebook ini, maka berbicara juga tentang alat yang dibutuhkan, sesuai dengan daftar yang ada di atas, maka bila saat ini anda sudah memilikinya tentu bisa dikatakan tidak perlu lagi mengeluarkan modal, namun akan sedikit mengeluarkan modal hanya pada posisi operasionalnya saja misalkan dengan memberli paket data internet untuk menjangkau koneksi internet untuk memasarkan ebook anda nantinya.

Tetapi, ini yang akan menentukan sekali dalam tahapan untuk menghasilkan uang dari ebook adalah "Modal utama membuat ebook adalah materi / isi dari ebook itu sendiri".

Modal yang akan sangat dibutuhkan dalam membuat ebook itu adalah kemampuan kita merangkaikan kata kata sebagaimana membuat tulisan.

Tetapi harus benar benar memberikan jaminan kebermanfaatannya kepada banyak orang.

5. Cara mendapatkan uang dari ebook

Ebook merupakan sarana yang dijadikan sebagai produk untuk dipasarkan melalui media internet oleh kita, sehingga yang perlu diperhatikan adalah keunggulan atau nilai lebih dari eook yang anda buat sehingga orang bisa mendapat manfaat dan benar benar banyak orang butuhkan.

Untuk mendapatkan uang dari ebook yang anda buat adalah dengan membuat konten atau tulisan menarik tentang apa yang dibutuhkan orang.

Misalkan anda akan membuat sebuah ebook tentang cara membuat website, maka akan menjadi peluang bisa mendapatkan uang dari ebook anda adalah dengan membuat semua hal yang terkait dengan website, mulai dari mendeskripsikan web, hingga tutorial cara membuat web dari dasar hingga tuntas. dan tentunya memberikan nilai lebih dari ebook yang sudah ada saat ini.

untuk sangat diperhatikan bahwa dalam menjual ebook tidak sama dengan menjual barang pada dunia nyata, sebab ebook akan sangat rentan dengan penyebarluasan yang akan merugikan si pembuatnya, oleh karena itu haruslah berhati hati dan semaksimal mungkin dalam pemasaran dan pembuatan kontennya.

Berikan tentang semua hal sampai dengan tuntas dari topik yang anda buat sehingga orang puas dari apa yang mereka beli (ebook) anda.

Uang yang akan anda dapatkan dari ebook anda adalah ya, dengan menjualnya di tempat tempat orang mencarinya di internet, seperti media sosial, grup, komunitas, atau situs jual beli online.

6. Bagimana cara memasarkan ebook saya?

Setelah anda selesai membuat ebook dengan menggunakan alat tadi, maka tinggal selangkah lagi untuk bisa menghasilkan uang bagi anda yaitu dengan memasarkannya.

Publikasikan keberadaan ebook anda di media sosial (facebook, g+, atau komunitas yang membahas topik yang ada pada ebook anda)

Pajangkan ebook buatan anda di toko online.

Dimana tempat memasarkan ebook?

Sebagimana pada dunia nyata kita mengenal ada toko buku sebagai tempat jual buku karya seseorang, di internet dengan begitu banyaknya sarana atau tempat sebagai ajang memasarkan produk, maka kita tidak perlu repot repot mencarinya, ini saya berikan daftar tempat untuk memasarkan ebook anda:
1. Melalui Media Sosial
2. Web/Blog Pribadi
3. Situs Jual Beli Online

Ada banyak situs jual beli online kelas lokal hingga internasional.

7. Berapa harga yang pantas dari ebook saya?

Oke, anda mungkin akan bingung dengan standar harga bagi ebook yang sudah dibuat, oleh karena itu perlu melihat pasaran yang ada di internet kisaran harga ebook yang ada dengan memperhatikan jumlah halaman dan perkiraan sejauh mana ebook yang anda buat diperlukan orang lain.

Kira kira itulah yang bisa saya utarakan mengenai Bisnis Online dengan produk ebook.

Ada banyak manfaat positif dari internet bila kita memandangnya sebagai media untuk hal yang positif, tak ada yang bisa menjamin seseorang bisa sukses dan kaya mendadak dari internet tapi dengan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita maka ini tidak mustahil.

Manfaatkan semua yang ada, bila anda benar benar serius akan menerjuni dunia bisnis online.

Karena ada banyak sekali model atau jenis bisnis di internet, maka tentukan dari sekarang jalur mana yang akan anda pilih.
Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisnis Online dengan menjual ebook"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar....
-> Mohon tidak melakukan Spam
-> Tidak Menyimpan Link Aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel